Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Daun dan Buah Jambu Monyet Ini Banyak Khasiatnya, Apa Kamu Tahu?

Wolupedia NET. - Jambu Monyet atau lebih sering dikenal dengan Jambu Mete kalau orang jawa bilang "Penthol" bukan "Bakso" ya, Khususnya Di daerah tempat tinggal penulis ada kota yang di namakan "KOMET" "Kota Mete" yang sebagian besar, setiap rumah  penduduknya memiliki pohon Jambu Mete ini, Hampir setiap orang pasti kenal dengan buah yang satu ini, jika dilihat dari namanya jambu monyet tidak ada kaitan erat dengan keberadaan monyet. Jambu monyet atau yang juga dikenal jambu mete adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil. Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan, ada baiknya kita melihat apa saja kandungan yang terdapat dalam jambu mete.

Daun dan Buah Jambu Monyet


Pohon Jambu Mete ini berukuran sedang, dimana tingginya bisa mencapai 12 meter dan bercabang-cabang. Daun berwarna hijau dan terletak di ujung-ujung ranting berbentuk bundar dengan panjang mencapai 8 hingga 22 cm dan lebar antara 5 hingga 13 cm. Bunga berkelamin campuran yang memiliki kelopak bunga yang berambut dan mahkota bunga yang berbentuk runcing. Memiliki buah sejati yang merupakan bagian lunak yang biasanya berwarna kuning atau merah yang memiliki rasa asam segar dan manis yang bercampur dengan rasa sepat. Buah yang dihasilkan berwarna coklat kehitaman dimana didalamnya terdapat biji yang lebih kita kenal dengan kacang mede.

Daun dan Buah Jambu Monyet - 1

Nah, Berikut ini Manfaat dari Jambu Mete/ Monyet atau Penthol untuk Kesehatan 


1. Menyehatkan mata

Vitamin A pada buah jambu monyet berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Rutin mengkonsumsi jambu monyet akan membantu untuk menyehatkan organ penglihatan.

2. Obat disentri

Cuci bersih 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batangnya, lalu rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, saring dan minum air rebusan tersebut sebanyak satu gelas 2x sehari.

3. Mengatasi pegal linu

Ambil 10 grm daun jambu monyet muda yang telah dicuci bersih dan 7 grm kencur, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan 110 ml air hangat. saring dan minum air saringan tersebut sebanyak 1 kali sehari.

4. Mengatasi diabetes melitus

Ambil 2 potong kulit jambu monyet dan tambahkan adas polawaras secukupnya, rebus secara bersamaan kedua bahan tersebut dengan 2 liter air sampai mendidih. Saring dan ambil airnya, lalu minum dua kali sehari pagi dan sore. 

Daun dan Buah Jambu Monyet - 2

5. Mengatasi asma

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah jambu monyet setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

6. Melawan kanker 

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jambu monyet juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

7 Menurunkan risiko serangan jantung

Vitamin C pada buah jambu monyet mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri jantung menebal sehingga meningkatkan serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi buah jambu monyet dapat menyehatkan jantung kita.

8. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah jambu monyet secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.


Sedangkan Daun Jambu Mete/Monyet atau "Penthol" juga banyak memiliki manfaat. Daun jambu monyet nyatanya memiliki beberapa manfaat positif bagi kesehatan. Tetapi, sampai kini potensi daun jambu monyet belum di garap dengan cara optimal. 

Daun dan Buah Jambu Monyet - 3

Di bawah ini yaitu beberapa manfaat Daun Jambu Monyet :


1. Obat penyakit kulit. 

Lainnya dapat jadikan lalapan yang lezat, daun jambu mete dapat juga jadi obat penyakit kulit yang efisien. Anda bisa menjadikan ramuan obat untuk menolong menyembuhkan sakit kulit atau ruam-ruam pada kulit. Salain itu dapat pula di proses jadi pembersih mulut yang ampuh. Cukup dengan menumbuk halus daun jambu monyet serta melekatkannya pada daerah kulit yang terluka atau ruam-ruam pada kulit.

2. Menangani sembelit. 

Daun jambu monyet juga efisien untuk menangani permasalahan pencernaan, khususnya sembelit. Anda yang mempunyai permasalahan pencernaan, terutama sembelit bisa memakai air rebusan daun jambu monyet sebagai obat pencahar alami.

Daun dan Buah Jambu Monyet - 4

3. Sariawan. 

Daun jambu monyet dapat meredakan sariawan. langkahnya, rebus lima daun jambu monyet dengan air 500 ml. Rebus sampai air menyusut 1/2 kurang lebih 250 ml. Diamkan sebentar supaya dingin, saring air rebusan, serta dan dalam gels. Minum satu hari 2 x pagi serta sore hari.

4. Darah Tinggi. 

Penyakit darang tinggi dapat di redakan dengan memakai air rebusan daun jambu monyet. Berikanlah dengan cara berkala tiga kali satu hari selepas makan.

Nah, itulah artikel tentang manfaat jambu monyet yang dapat penulis sampaikan. Sebagai catatan, sebaiknya Anda berhati-hati dengan getah di dalam biji jambu mete, karena getah tersebut beracun dan dapat mengakibatkan iritasi kulit, peradangan serta pembengkakan pada kulit.